Pada kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memperbaiki Cartridge Canon yang rusak dengan masalah ini anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus membeli cartirdge canon yang baru.semoga tips ini dapat membantu anda. langkah-langkah yang harus dilakukan adalah

  1. Langkah Pertama usahakan jangan sampai melakukan kesalahan jika melakukan kesalahan maka akan berakibatkan fatal dan cartide anda harus dibuang
  2. Sediakan piring, alat menggayung atau gelas/muk yang terbuat dari plastik dan lem
  3. Siapkan air hangat secukupnya.
  4. Ambil Cartridge-nya dari printer lalu buka bagian atas Cartridge(tutup Cartide), dengan cara congkel dengan pisau/obeng kecil.
  5. Ambil semua gabus yang ada di dalam Cartridge, letakkan di tempat yang bersih
  6. Tuangkan air hangat ke dalam piring, lalu rendam bagian Head Cartridge (tempat keluarnya tinta) namun jangan direndam semuanya, karena namanya elektronik selalu rawan saat bertemu air. Biarkan selama 10-15 menit
  7. Gabus yang sudah di ambil tadi siram dengan air panas hingga benar-benar bersih. Setelah itu keringkan hingga benar-benar tidak ada air walaupun Cuma sekedar rembesan air, yang pasti harus benar-benar kering. (Bisa dikeringkan dengan dijemur di bawah sinar matahari)
  8. Cartridge yang sudah di rendam diangkat lalu bersihkan dengan tissu pada bagian dalam Cartridge hingga benar-benar bersih, tidak ada tinta yang membekas.
  9. Bersihkan juga bagian Head Cartridge-nya, namun ingat jangan terlalu keras saat membersikan, tergores sedikit saja elemen-nya maka Cartridge bisa rusak/tidak bisa terpakai lagi
  10. Setelah Cartridge benar-benar bersih, dan gabus sudah kering total, maka masukkan lagi gabusnya seperti semula. Lalu rapatkan tutup Cartridge-nya dengan lem. Biarkan hingga lem kering.
  11. Selanjutnya, masukkan tintanya, jika Cartridge warna, ukuran Cyan, Magenta, dan Yellow harus sama banyaknya. Sedikit saja berbeda, nanti hasil cetakan printernya tidak akan sempurna. (Isi tinta jangan terlalu sedikit, atau bahkan berlebihan)
  12. Langkah terakhir, masukkan Catridge ke dalam printer, lakukan Deep Cleaning (bukan Cleaning saja) hingga hasilnya perfect.



Analisis Cartridge Printer Canon:

  1. Jika cartridge di letakkan di tissu halus, tinta keluar dengan sempurna tapi tidak bisa ketikan melakukan print dan hasilnya masih bergaris, berbayang-bayang, artinya Cartridge sudah minta ganti dengan yang baru
  2. Jika Cartridge diletakkan di tissu tapi tidak bisa mengeluarkan tinta atau bahkan keluarnya tinta sangat banyak, itu artinya terjadi buntu (tersumbat) pada Head Cartridge, masih bisa ditolong.
  3. Jika hasil cetakan warna kuning menjadi hijau dan sebagainya, itu artinya tinta di salah satu warnanya lebih banyak/sedikit dari warna yang lain. Sebaiknya lakukan dengan trik di atas.

Tips merawat printer agar tetap awet:
  • Printer minimal harus hidup satu kali dalam 24 jam untuk mencegah buntu/tersumbat, tinta membeku dalam Cartridge
  • Jika melakukan print warna hitam saja, minimal printer harus istirahat selama 1 menit jika kita sudah menghasilkan print sebanyak setiap 25 lembar kertas, setelah 1 menit bisa dilanjutkan lagi
  • Jika melakukan print warna, minimal istirahatkan printer selama 1 menit setiap setelah menghasilkan cetakan sebanyak 4 lembar kertas.
Demikian Tips dan trick yang dapat saya sampaikan dalam memperbaiki Cartide Printer Canon yang rusak semoga bermanfaat bagi anda semua.

Keyword :
Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Rusak, Tips dan Trik Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Rusak, Cartridge Printer Canon Yang Rusak, Masalah Cartridge Printer Canon Yang Rusak, Cara Mengatasi Cartridge Printer Canon Yang Rusak, Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Bergaris, Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Tidak Keluar, Cara Memperbaiki Cartridge Printer Canon Yang Sudah Kering.
Share To:

Post A Comment:

2 comments so far,Add yours

  1. makasih ilmunya. bisa baik lagi katrit saya. lumayan lah daripada harus beli baru yang harganya bisa beli printer baru.

    ReplyDelete