Cepat Menghitung IP di Linux Mengunakan IPCalc

Klik Tau - Seorang administrator jaringan, harus menguasai perhitungan alamat IP, termasuk netmask, subnetting, dan broadcasting. Perhitungan secara manual sekarang sudah bisa ditinggalkan karena sudah banyak aplikasi yang menawarkan menghitung IP dengan cepat, salah satunya mengunakan aplikasi ipcalc. Dengan mengunakan aplikasi ini anda tidak sulit untuk mencari subnetting, range, netmask broadcast dsb.

Instalasi Ipcalc Buka terminal dan kemudian ketik perintah berikut. 
$ sudo apt-get install ipcalc
Cepat Menghitung IP di Linux Mengunakan IPCalc
IPCalc di Linux

Pengetesan Validasi Alamat IP Awal percobaan kali ini adalah untuk melakukan pengecekan alamat IP valid atau tidak, Bisa saja alamat IP yang dimasukkan tidak valid jika tidak sesuai dengan format baku yang sudah ditentukan. Penulis akan menggunakan perintah dibawah untuk pengecekan valid atau tidaknya sebuah alamat IP. 
$ ipcalc -c 192.168.1.1/21 && echo “Valid” || echo “Invalid”
maka hasilnya akan dibawah ini Dari hasil yang ditampilkan terlihat bahwa alamat IP yang diketik ternyata sebuah alamat IP yang benar atau valid.Melihat informasi Alamat IP Berikut perintah yang menunjukan informasi dari sebuah alamat IP, disini anda dapat melihat host minimal, host maksimal, alamat jaringan dari alamat IP yang anda masukkan. Berikut ini perintahnya. 
$ ipcalc -b 192.168.1.1/24
Maka hasilnya akan sebagai berikut 
Menentukan Jumlah Host Setelah mengetahui cara mendapatkan informasi dari sebuah alamat IP, sekarang penulis akan mencoba membuat dua buah range alamat IP yang masing-masing range akan berisi 40 host dan 50 host, tidak lebih. Pembagian ini akan mempermudah anda menentukan range alamat IP pada sebuah topologi jaringan serta perhitungan subnet-nya. Berikut ini adalah perintahnya. 
$ ipcalc -b 192.168.1.1/24 -s 40 50
maka hasilnya akan di bawah ini untuk yang berisi 40 host akan diberikna range alamat IP, maximal host dimulai dari alamat IP dan diakhiri di alamat IP tertentu juga. Begitu pula yang 50 host dan di bagian akhir pun juga terlihat range alamat IP yang tersisa.
 ipcalc-3 
IPcalc help Apabila ada masalah bisa mengunakan perintah help atau perintah ini bisa juga digunakan untuk mengetahui informasi fitur ipcalc, berikut ini perintah untuk menjalankanya. 
$ ipcalc --help
Maka hasilnya akan seperti dibawah ini.
 ipcalc-4
Share To:

EDISON MEDIA

Post A Comment:

2 comments so far,Add yours

  1. thanks gan infonya, kebetulan saya juga lagi belajar linux, wawasan saya jadi bertambah. agan pakai linux apa?

    ReplyDelete