Web service adalah aplikasi sekumpulan data (database), perangkat lunak (software) atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara remote oleh berbagai piranti dengan sebuah perantara tertentu.  Secara umum,web service  dapat diidentifikasikan dengan menggunakan URL seperti hanya web pada umumnya. Namun yang membedakan web service dengan web pada umumnya adalah interaksi yang diberikan oleh web service. Berbeda dengan URL web pada umumnya, URL web service hanya menggandung kumpulan informasi, perintah, konfigurasi atau sintaks yang berguna membangun sebuah fungsi-fungsi tertentu dari aplikasi.
Mengenal Lebih Dekat Tentang Webservice
Web service dapat diartikan juga sebuah metode pertukaran data, tanpa memperhatikan dimana sebuahdatabase ditanamkan, dibuat dalam bahasa apa sebuah aplikasi yang mengkonsumsi data, dan di platform apa sebuah data itu dikonsumsi. Web service mampu menunjang interoperabilitas. Sehingga web service mampu menjadi sebuah jembatan penghubung antara berbagai sistem yang ada.
Menurut W3C Web services Architecture Working Group pengertian Web service adalah sebuah sistem softwareyang di desain untuk mendukung interoperabilitas interaksi mesin ke mesin melalui sebuah jaringan. Interfaceweb service dideskripsikan dengan menggunakan format yang mampu diproses oleh mesin (khususnya WSDL). Sistem lain yang akan berinteraksi dengan web service hanya memerlukan SOAP, yang biasanya disampaikan dengan HTTP dan XML sehingga mempunyai korelasi dengan standar Web (Web Services Architecture Working Group, 2004).
Web pada umumnya digunakan untuk melakukan respon dan request yang dilakukan antara client dan server. Sebagai contoh, seorang pengguna layanan web tertentu mengetikan alamat url web untuk membentuk sebuahrequestRequest akan sampai pada server, diolah dan kemudian disajikan dalam bentuk sebuah respon. Dengan singkat kata terjadilah hubungan client-server secara sederhana.
Sedangkan pada web service hubungan antara client dan server tidak terjadi secara langsung. Hubungan antaraclient dan server dijembatani oleh file web service dalam format tertentu. Sehingga akses terhadap databaseakan ditanggani tidak secara langsung oleh server, melainkan melalui perantara yang disebut sebagai web service. Peran dari web service ini akan mempermudah distribusi sekaligus integrasi database yang tersebar di beberapa server sekaligus.
Perbedaan webservice dengan aplikasi web biasa:
WebserviceAplikasi berbasis web
Tanpa interfaceDengan interface
Komunikasi antara aplikasi dengan aplikasiKomunikasi antara user dengan aplikasi
Berjalan di background (dalam script aplikasi)Ditampilkan di web browser
Tujuan utama penggunaan webservice adalah Pelemparan data dari server satu dengan server lain yang berbeda lokasi (IP Address). Dengan mengakses URL kita bisa mendapatkan data dari aplikasi di environtment yang berbeda ( maksud dari “environtment yang berbeda” adalah lokasi, sistem operasi, aplikasi, bahasa pemrograman).
Framework Codeigniter adalah framework PHP untuk mempercepat pembuatan aplikasi berbasis web yang sangat popular belakangan ini. Selain kelengkapan dokumentasi, banyak pengembang melakukan penambahan library atau add ins pada framework ini. Pada kesempatan kali ini, Penulis mencoba mengimplementasikan RESTful untuk membuat webservice menggunakan CodeIgniter.

Implementasi RESTful webservice pada framework codeigniter sangatlah mudah. Langkah langkah untuk membangunnya adalah sebagai berikut:
  1. Download library restfull server pada link berikut https://github.com/chriskacerguis/codeigniter-restserver. Library pada framework ini nantinya akan lebih memudahkan kita dalam proses pembuatan aplikasi tersebut
  2. Ketika library tersebut telah Anda dapatkan, ekstrak dan ubah nama folder codeigniter-restserver-master sesuai keinginan Anda. Pada Artikel kali ini Penulis mengubah namanya menjadi “WEBSERVICE”
    folder
  3. Pindahkan folder tersebut pada root webserver kita, apabila menggunakan XAMPP maka root folder terdapat pada folder C:\xampp\htdocs\
  4. Sesuaikan konfigurasi user dan password untuk database pada fileC:\xampp\htdocs\WEBSERVICE\application\config\database.php
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    13
    14
    15
    16
    17
    18
    $active_group = 'default';
    $active_record = TRUE;
     
    $db['default']['hostname'] = 'localhost';
    $db['default']['username'] = 'root';
    $db['default']['password'] = 'root';
    $db['default']['database'] = '';
    $db['default']['dbdriver'] = 'mysql';
    $db['default']['dbprefix'] = '';
    $db['default']['pconnect'] = TRUE;
    $db['default']['db_debug'] = TRUE;
    $db['default']['cache_on'] = FALSE;
    $db['default']['cachedir'] = '';
    $db['default']['char_set'] = 'utf8';
    $db['default']['dbcollat'] = 'utf8_general_ci';
    $db['default']['swap_pre'] = '';
    $db['default']['autoinit'] = TRUE;
    $db['default']['stricton'] = FALSE;
  5. Dengan mengakses url http://localhost/WEBSERVICE maka akan tampil halaman sebagai berikut :
    home
  6. Pada gambar terdapat link dan jika link di klik maka akan tampil response data dalam bentuk sesuai format yang diinginkan, bisa berbentuk xml, csv, dan Json.Detail URL yang diakses:
    • http://localhost /webservice/index.php/ adalah url default Code igniter
    • api adalah nama folder dalam controller Codeigniter
    • example adalah nama Class
    • users adalah nama Method yang dipanggil
    • id adalah nama parameter
    • 1 adalah isi parameter id
    • Format adalah format data yang nantinya akan dihasilkan bias berupa csv, xml, dan json
    • Json adalah format return data yang diinginkan
    Misal : Jika link User – default to XML di klik maka akan tampil return xml seperti gambar berikut:
    default_response_xml

    Jika kita klik link User #1 – get it in JSON maka akan tampil retun json seperti gambar berikut :

    default_response_json

Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours