Pengertian cPanel

cPanel adalah aplikasi berbasis website yang berfungsi sebagai kontrol panel web hosting yang memberikan tampilan grafis dan program-program yang dibuat untuk memudahkan proses hosting pada sebuah website.

Pada umumnya website dibuat untuk menyampaikan informasi (konten) kepada khalayak ramai secara cepat dan dapat diakses dimanapun melalui internet. Website sebagai wadah penyaji informasi diranah internet dibuat dengan beberapa tahapan dan salah satu tahapan awal dalam membangun website berbasis hosting adalah penggunaan cPanel untuk memudahkan kita melakukan proses pembuatan dan pemeliharaan website.  Jadi, sangat penting sekali bagi Anda sebagai pemula yang berencana membuat website sendiri mengetahui dan memahami apa itu cPanel?

Sederhananya, jika sebuah website diibaratkan sebagai sebuah restoran – maka cPanel adalah dapur dari restoran tersebut. Sebuah restoran dalam memberikan produknya kepada pelanggan yakni makanan, terdapat proses bagaimana makanan itu tercipta di dapur melalui pemotongan bahan dasar dengan pisau, penggorengan dengan katel, merebus dengan panci, dll.

Sejatinya cPanel sendiri sebetulnya merupakan merk kontrol panel yang paling populer dan paling banyak digunakan di dunia. Ada juga kontrol panel web hosting merk lain seperti Direct Admin, Webmin, Plesk, dll. Namun, dikarenakan Ripstore.Asia menggunakan cPanel sebagai kontrol panel jika Anda membeli web hosting dari kami. Maka, pembahasan atau pengetahuan serta panduan kontrol panel web hosting di Ripstore.Asia hanya terbatas kepada merk cPanel.


Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours