Cara Membuat Validasi Tanggal Pada Pemrogaman Java dengan JCalendar di Netbeans IDE

Validasi adalah suatu keadaan untuk memastikan data benar sesuai standar. Validasi perlu dilakukan, karena apabila kita memasukan data yang salah maka secara langsung hasilnya adalah informasi salah pula, atau sering diistilahkan sebagaigarbage in garbage out (GIGO). Maka, tujuan dibuat validasi adalah untuk membuat batasan data sebelum di simpan ke dalam database. Biasanya terdapat banyak sekali validasi pada program, sesuai dengan kasus real pada kehidupan sehari hari ketika membangun aplikasi salah satunya adalah tanggal.
Membuat Validasi Tanggal Pada Pemrogaman Java dengan JCalendar via Netbeans IDE
Validasi tanggal menjadi sangat penting dijaga karena setiap database memiliki standar format tanggal yang berbeda. Misalnya pada contoh kasus Form Biodata, User pada umumnya akan kesulitan jika harus menginput tanggal lahirnya dengan format inputan secara manual, dan apabila terjadi kesalahan format, dapat menjadikan bug pada saat dimasukan ke database. Pada java kita dapat menangani masalah ini dengan Jcalendar. Ada beberapa komponen dalam Jcalendar dapat kita gunakan sebagai solusi masalah tersebut, diantaranya JDateChooser. JDateChooser memungkinkan kita untuk memilih atau mengedit tanggal dengan popup. Pembaca dapat mengunduh library Jcalendar disini
Kali ini Penulis menggunakan IDE NetBeans, Jika Anda menggunakan eclipse ataupun IDE lain tentu saja pengaturan Akan berubah pada tutorial ini. Sebelum menggunakannya kita perlu menambahkan Library jcalendar ke dalam palette pada Netbeans, Hal ini ditujukan nantinya Agar Anda lebih mudah melakukan drag and dropketika menggunakan frame.

Import Library dan Membuat Palette

Ketika IDE NetBeans telah terbuka pilih menu Tools > Libraries, maka semua Library yang sudah ada pada Netbeans Anda dapat dilihat. Setelah itu pilih New Library untuk membuat Library yang baru, lalu isi nama Library yang kita buat. Pada contoh penulis memberi nama Library dengan jcalendar.
BisaKomputer - jcalendar - Validasi

Setelah langkah tersebut selesai, maka akan terdapat Library baru pada list. Namun sebenarnya Library tersebut masih kosong, untuk menambahkan pilih Add JAR/Folder> lalu arahkan pada direktori Library jcalendar yang telah di unduh sebelumnya.

6
Kini Library jcalendar telah Ada pada Netbeans milik Anda, Langkah selanjutnya adalah membuat nya menjadi palette. Untuk melakukannya pilih menu Tools > Palette> Swing/AWT Components. Setelah itu pilih New Category untuk membuat category baru,  dan isikan nama category yang ingin dibuat pada contoh Penulis memberi nama category dengan Jcalender

8

Seperti halnya Library kosong tadi, Category baru inipun juga kosong untuk menambahkan komponen Pilih Category Jcalender > Add From Library > pilihLibrary Jcalendar, untuk menyatukan Category dengan Library yang tadi telah di buat. Langkah selanjutnya Adalah menentukan komponen dan penempatan komponen, sehingga tentunya hal ini menjadi opsional sesuai kebutuhan Anda .
BisaKomputer - Validasi - jcalendar

Test Project

Kini setelah komponen telah ter- import Anda dapat menggunakannya dalam projectyang Anda bangun. Dalam bagian selanjutnya ini, kita akan mencoba menggunakan beberapa komponen tersebut. Buat project baru misalnya saja Belajar_Jcalendar, Anda bisa menggunakan nama yang lain.  Setelah project terbentuk, pembaca dapat menambahkan Form baru dengan pilih New > JFrame Form. Tambahkan JdateChooser kedalam Form dengan melakukan drag and drop pada komponen. Untuk pelengkap Kita dapat menambahkan Button seperti pada contoh berikut. Anda bisa menambahkan sesuai keinginan Anda, ketika sudah cukup cobalah untuk compile.
BisaKomputer - Validasi - Jcalendar - 2
Sampai disini kita sudah dapat menambahkan Library Jcalendar kedalam Netbeans dan memasukan komponen JDatechooser kedalam Form. Lalu bagaimana jika kita akan menyimpan data inputan JDateChooser pada database? Setelah ini kita akan mencoba untuk mengatur format tanggal yang akan diambil dari JDateChooser. Sebelum itu untuk mempermudah Anda dapat mengganti nama variable pada object JDateChooser, caranya dengan klik kanan pada object -> Change Variable Name(Sesuaikan nama variabel yang dibuat).
Tambahkan kode standar untuk konversi tanggal menjadi string ketika aksi Button saat di klik, format tanggal yyyy-MM-dd merupakan standar format tanggal pada database MySQL.
1
String tanggal = new SimpleDateFormat("yyyy-MM-dd").format(objCalendar.getDate());
Jalankan lagi Contoh_Jcalendar.java setelah kita memilih tanggal pada JDateChooser dan mengklik button tampil, maka akan tercetak tanggal dengan format yang telah disesuaikan.

BisaKomputer - Validasi - Jcalendar - 3
Untuk mengganti format tanggal kita cukup mengganti “yyyy-MM-dd” menyesuaikan dari bentuk database yang Anda inginkan misalnya saja “MMM-dd-yy”.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours