Cara Membuat Badge Produk Sederhana dengan Adobe Illustrator

Badge merupakan gambar yang berbentuk lencana yang banyak digunakan untuk promosi harga dan kualitas suatu barang. Badge biasanya digunakan pada halaman web maupun media cetak untuk promosi. Dalam kesempatan ini Penulis berbagi tentang cara membuat badge yang cepat serta menarik menggunakan Adobe Ilustrator.
Membuat Badge Produk Sederhana dengan Adobe Illustrator
Anda bisa mengawali tutorial kali ini dengan membuka program Adobe Illustrator, lalu buat file baru dengan cara File – New atau menggunakan shortcut Ctrl-N pada keyboard. Dalam tutorial kali ini Penulis menggunakan ukuran Artboard 500px x 500px. Mode warna RGB menjadi pilihan Penulis pada tutorial kali ini, Anda bisa melakukan pengubahan sesuai kebutuhan seperti menjadi mode warna CMYK  atau mode warna lainnya.
BisaKomputer - NewFile
Lanjutkan dengan mengatur warna untuk objek dengan cara klik dua kali pada Fill Tool(X) menjadi warna #00a69a. Ketika langkah tersebut selesai, Buatlah lingkaran menggunakan Ellipse Tool(L) dengan ukuran 300px x 300px.
BisaKomputer - Ellipse
Langkah ketiga adalah memberi efek bulatan pada tepi lingkaran, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan fitur Effect – Distort & Transform – Zig Zag. Anda dapat mengaturnya berdasarkan gambar, Atau menyesuaikan berdasarkan keinginan Anda.
BisaKomputer - Zigzag
Selanjutnya, beri efek pada objek lingkaran yang telah Anda buat sebelumnya dengan menggunakan fitur Effect – Stylize – Drop Shadow. Untuk pengaturan pada tutorial kali ini, Penulis nya mengartur seperti yang telah ada pada gambar.
BisaKomputer - DropShadow
Tambahkan garis-garis didalam lingkaran utama sebagai pelengkap, Untuk melakukannya Anda bisa membuat lingkaran dengan ukuran 260 X 260px, dan tanpa ada warna didalam lingkaran (None Fill). Ubah ukuran garis dari lingkaran tersebut menjadi 2px, ubah juga mode garis menjadi Dashed Line dengan ukuran 12px.

BisaKomputer - Stroke
Kini tambahkan kata atau tulisan yang Anda inginkan pada lingkaran tersebut, kali ini penulis menggunakan font Lobster 1.3 dengan ukuran 85pt.
BisaKomputer - Tulisan
Agar tidak terkesan monoton lakukan sedikit modifikasi, misalnya saja mengubah kemiringannya melalui menu Transform – Rotate. Atur kemiringan tulisan menjadi 15.
BisaKomputer - Rotate
Selanjutnya memberi bayangan pada tulisan menggunakan menu Effect – Stylize –Drop Shadow. Pada Drop Shadow atur seperti pada gambar dibawah ini.
BisaKomputer - Bayangan
Sebagai sentuhan akhir, beri gradasi warna pada background dengan menggunakan 2 warna yaitu #414042 dan # 231f20 lalu pilih Radial pada Type.

BisaKomputer -Gradasi

Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours