Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Manusia

Buah Belimbing atau dalam bahasa latin bernama Averhoa Carambola L merupakan buah yang sedikit sekali peminatnya atau jarang peminat dibanding buah lainnya. Sebenarnya rasa dari buah belimbing ini manis dan mengandung serat yang tinggi, buah ini juga paling mudah ditemukan sebagai buah campuran dalam pembuatan rujak.
Namun siapa sangka dibalik bentuk khasnya yang hampir menyerupai bintang Buah belimbing yang dikenal dengan sebutan buah pedesaan ini ternyata memiliki banyak sekali khasiat untuk kesehatan manusia, buah ini bermanfaat untuk tubuh tentunya, karena kandungan gizi yang terkandung didalamnya seperti vitamin, mineral d­an unsur lainnya.
Dalam bebepara penelitian menyebutkan 1 Buah belimbing dapat mengandung unsur – unsur vitamin yang baik untuk tubuh manusia, unsur – unsur vitamin itu antara lain, seperti :  Energi, Karbohidrat, Gula, Diet serat, Lemak, Protein, Asam pantotenat (B5), folat ( vit. B9), Vitamin C, fosfor, Kalsium, Seng, Sumber USDA Nutrient database.
Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Manusia
Buah Belimbing
Manfaat yang di miliki buah belimbing manis ini baik untuk pertumbuhkan kesehatan manusia. Selain itu buah belimbing dapat dikonsumsi sebagai obat penyakit yang anda alami, anda dapat mengkonsumsi buah ini secara langsung atau pun menjadi buah ini sebagai jus, ataupun acar teh.

Didalam dunia kesehatan, buah belimbing memiliki khasiat antara lain :


  • Buah belimbing untuk mengatasi penyakit batuk pada anak-anak.

  • Dapat Mengatasi sariawan dan gusi berdarah.

  • Buah ini dapat Mengurangi rasa sakit gigi berlubang.

  • Mengatasi jerawat dan panu.

  • Dapat Membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  • Melindungi tubuh dari penyakit kencing manis.

  • Membantu memberikan perlindungan kepada tubuh terhadap kelumpuhan.

  • Kandungan serat pada buah dapat membantu melancarkan proses pencernaan.

  • Baik dikonsumsi ketika diet karena pectin yang terkandung didalam buah belimbing bisa membantu menghancurkan kolesterol.

  • Dan buah belimbing dapat Mengatasi radang rectum.

Selain buah belimbing yang kaya akan vitamin. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman belimbing manis ini antara lain daun, bunga, akar, dan tentunya Buah Belimbing :


Manfaat Dan Khasiat Bunga Belimbing manis :
Bunga belimbing juga dapat  dimanfaatkan sebagai bahan ramuan obat untuk mengatasi beberapa penyakit antara lain batuk, sariawan ( stomatitis), dan juga malaria.
Manfaat Dan Khasiat Daun Belimbing manis :
Dapat dijadikan ramuan obat untuk mengatasi sakit pada perut, gondongan ( parotitis), maag, melancarkan air seni, dan sebagai obat bisul.
Manfaat Dan Khasiat Akar Belimbing manis :
Bisa digunakan sebagai ramuan obat untuk mengatasi penyakit rhematik.
Selain manfaat yang disebut diatas, buah belimbing ternyata juga memiliki efek samping bagi tubuh antara lain: buah belimbing manis mengandung asam oxalat yang bisa memberikan reaksi negatif pada ginjal, sehingga bagi anda yang mempunyai masalah pada ginjal, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah belimbing.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours