Apa Perbedaan ASP (ASP Classic) dan ASP.NET

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada webserver dan merupakan server side scripting. ASP diperkenalkan ke dunia pertama kali oleh Microsoft pada tanggal 16 Juli 1996, dan diberi nama kode Denali. Beta version dirilis pada bulan November 1996, dan akhirnya ASP Version 1.0 secara resmi dipasarkan ke publik pada tanggal 12 Desember 1996. Microsoft terus mengembangkan ASP. Sedangkan ASP.NET adalah generasi baru dari ASP. Setelah perkenalan ASP.NET, ASP lama disebut 'ASP klasik'. ASP.NET adalah teknologi baru dalam pemrograman web yang merupakan kelanjutan dari teknologi ASP 3.0.

ASP (ASP Classic)
ASP.Net
Tidak ada proses kompilasi. Semua halaman ASP di-interpreted pada saat halaman web dieksekusi.
Dapat dikompilasi ke dalam Microsoft Intermediate Language (MSIL) yang efisien.

Tidak ada server control.  Anda harus menulis semua tag html secara manual.




ASP.NET menawarkan banyak control yang disebut Server Control dan Html Control. Sangat mudah untuk men-drag dan drop control apapun pada sebuah web form. Visual Web Developper (Express) atau VS.NET akan secara otomatis menuliskan tag HTML yang diperlukan untuk anda.
Menggunakan teknologi yang disebut ADO untuk koneksi dan bekerja dengan database
menggunakan teknologi ADO.NET (yang merupakan generasi baru dari ADO)

Tidak ada Even driven sehingga tidak dapat men-drag dan drop tombol dan menulis 'on click' even handler dengan ASP.

Ada Event Driven sangat mirip dengan program Visual Basic.  dan dapat menulis even handler seperti button click even, text changed even dan lainnya.

Menggunakan Script VBScript atau Jscript 
Menggunakan script berbasis .NET seperti Visual Basic.NET, C#, J# dan sejenisnya.
Menampilkan semua kode yang digunakan dalam aplikasi yang dibuatnya sehingga tidak ada cara bagi seorang programmer untuk “menyembunyikan” kode sensitif yang ia gunakan. 
Memungkinkan seorang programmer untuk membuat berbagai macamdynamic link untuk kode sensitif yang digunakan sehingga kode-kode tersebut tidak bisa terlihat. Hal ini juga dapat meningkatkan kecepatan dari aplikasi yang dihasilkan.
Tidak Memiliki kemampuan web berbasis perangkat mobile sehingga tidak bisa merubah kontent berdasarkan perangkat mobile yang digunakan
Memilik kemampuan untuk pengembangan web berbasis perangkat mobile yang mengubah jenis konten berdasarkan perangkat mobile yang digunakan.


2.      Pemrograman dengan ASP.Net
ASP.Net adalah singkatan dari Active Server Pages NET. Bahasa pemograman ini dikembangkan oleh Microsoft. ASP.NET digunakan untuk membuat halaman web yang merupakan bagian integral dari Microsoft .NET Framework.
ASP.NET adalah murni server-side teknologi. Hal ini dibangun pada common language runtime yang dapat digunakan pada server Windows untuk meng-host situs web ASP.NET.

Keuntungan menggunakan ASP.Net
1. ASP.NET secara drastis mengurangi jumlah code yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi besar
2. Dengan built-in Windows authentication membuat aplikasi Anda jauh lebih aman.
3. Menggunakan ASP.NET dipastikan lebih memiliki kinerja yang lebih baik.
4. ASP.NET menyediakan kemudahan bagi penggunanya, seperti contohnya mengirim formulir sederhana, authentikasi dari client untuk deployment dan juga konfigurasi website.
5. Karena Source code dan HTML digabung menjadikan ASP.NET lebih mudah dimaintain dan diedit. Ini membuat ASP.NET menjadi lebih flexible dan powerfull.
6. ASP.NET memudahkan dalam proses deployment. Tidak perlu meregister component.
7. Web server memonitor pages, applikasi, dan komponen secara otomatis. Jika ada hal yang mencurigakan, maka ASP.NET akan secara otomatis mendetectnya.
8. Lebih mudah bekerja dengan ADO.NET dengan menggunakan data binding dan feature page formatting yang membuat aplikasi dapat berjalan dengan cepat tanpa adanya masalah performa.
9. ASP.NET merupakan compiled code menjadi IL (Intermediate Language) yaitu bahasa yang dikenali oleh CLR.


Kelemahan menggunakan ASP.Net
1. ASP.NET tidak dapat berjalan di platform non-microsoft sehingga tidak bisa gratis.
2. Project ASP.NET jarang diopensource kan sehingga kita akan kesulitan mencari komponen, library atau project gratis.

Struktur Halaman ASP .NET

Struktur halaman ASP .NET adalah berbentuk seperti berikut ini :
<%@ pagelanguage = “vb” %>
<scriptrunat = “server”>
… kode VB .NET
</script>
… kode HTML
<%
… kode VB .NET
%>
… kode HTML


3.      Bahasa Pemrograman yang dapat digunakan ASP.Net
Ada banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh ASP.Net yang cirinya adalah bahasa yang berbasis .NET yang paling terpopuler adalah :


  • Visual Basic .Net

Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC


  • Visual C Sharp (C#)

Visual C# adalah sebuah program alat bantu pemrograman (Rapid Application Development tool) yang dibuat oleh Microsoft Corporation dan dapat digunakan untuk membuat program berbasis grafis dengan menggunakan bahasa pemrograman mirip C++. 


  • Visual J Sharp (J#)


J# (dibaca J Sharp) adalah sebuah implementasi bahasa pemrograman Java (yang merupakan buatan James Gosling dari Sun Microsystems) berbasis .NET Framework yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Bahasa J# sendiri tidaklah sama dengan Java, tetapi memang bahasa tersebut menggunakan sintaksis dan semantik bahasa Java. Bahasa ini menggantikan bahasa J++, yang juga sama-sama menggunakan bahasa Java.
Share To:

EDISON MEDIA

Post A Comment:

0 comments so far,add yours