Cara Membatasi Inputan Hanya Angka di Pemrograman Java

Cara Membatasi Inputan Hanya Angka di Pemrograman Java - Kali ini saya akan membahas tentang pemrograman java. nah saya pernah mengalami masalah inputan sehingga membuat program saya error seperti dalam tulisan Exception in thread "AWT-EventQueue-0" java.lang.NumberFormatException: For input string: "a". nah saya bingung bagaimana cara mengatasi hal seperti itu. akhirnya saya menemukan caranya dengan menggunakan try catch dan saya memikirkan bagaimana biar tidak terjadi error lagi, akhirnya saya menemukan sebuah Ide jika textField yang kita buat hanya diisi untuk angka saja maka tombol prosses saya akan matikan, jika tidak maka saya akan hidupkan. nah pada contoh program ini saya menggunakan sebuah program penjumlahan yang hanya terdiri 2 bilangan dimana tampilan programnya seperti yang saya buat sebelumnya Cara Membuat Applikasi Penjumlahan dengan Java NetBeans 


nah pada program diatas jika saya menampilkan sebuah angka maka akan berjalan dengan baik, tetapi jika saya memasukkan sebuah karakter maka akan terjadi kesalahan 

nah utnuk mengatasi hal seperti itu maka saya akan buat begini, jika saya memasukkan salah satu karakter di textfield tersbut maka tombol ADD akan mati.

Dengan fungsi tersebut kita menghindari dari masalah itu, dan jika kedua-duanya yang saya inputkan adalah angka maka tombol ADD aktif. nah dimana code itu bisa buat di Klik Kanan TextField yang akan di batasi hanya angka saja > pilih Event > Pilih Key > Pilih > keyReleased

Selanjutnya masukkan kode seperti dibawah ini :
        try {
             int fN = Integer.parseInt(jTextFieldFirstNo.getText());
             int sN = Integer.parseInt(jTextFieldSecondNo.getText());
             jButtonAdd.setEnabled(true);
       } catch(NumberFormatException e) {
           jButtonAdd.setEnabled(false);
       }    
Dan lihat hasilnya, demikian Cara Membatasi Inputan Hanya Angka di Pemrograman Java semoga bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih.




Share To:

EDISON MEDIA

Post A Comment:

0 comments so far,add yours