Cara Install Path JDK di Windows

Pada Pemrograman Java kita memerlukan JDK (Java Development Kit) sebagai kotak peralatan (kit) yang digunakan untuk development. JDK ini digunakan saat anda menulis code program. JDK mempunyai JVM di dalanya yang berguna untuk :
  • Javac, yaitu program untuk meng-compile kode sumber
  • Java, yaitu program untuk meluncurkan aplikasi Java
Bagi para Mahasiswa Informatika yang ingin memulai mempelajari Pemrograman Java, sebaiknya ikuti tutorial ini agar disaat memulai mencoba program java pertama anda berjalan dengan lancar.
Langsung saja ke topik pembahasan, gimana step by step menginstall path JDK Javake System Windows
Pertama untuk Anda yang belum menginstall Java di Windows mu, download duluJava SE dan install agar file yang ingin di gunakan dalam direktori instalasi java telah tersedia di Windows mu.
Sebelumnya kita check dulu pada Command Prompt bahwa javac compile ‘javac’ belum ditambahkan, buka Command Prompt Anda caranya tekan Logo Windows + Rketik ‘cmd’ lalu ketikan perintah ‘javac’ kemudian enter. Maka akan keluar pesan seperti dibawah ini.
Setelah terinstall Java SE nya lalu kita ke menu Advanced System Setting di Properties Windows. Cara nya Klik Start > Klik kanan pada Computer > pilihProperties atau cara cepat nya tekan tombol logo Windows + Pause Break.
Setelah jendela System Properties terbuka, klik System Advanced System Settings > klik tab Advanced > klik Environment Variables seperti gambar di bawah ini.
Biarkan jendela Environment Variables tadi terbuka, masuk ke direktori installasi Java anda
C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_05\bin
klik pada addres bar > trus copy alamat direktori tadi. lihat gambar di bawah ini.
Kembali lagi ke jendela Environment Variables tadi klik New > muncul jendela New System Variables > ketik ‘path’ pada form Varible Name > paste alamat direktori yang tadi anda copy. lihat gambar dibawah ini
Klik OK tiga kali, path telah di tambahkan ke dalam system Windows mu. Sekarang anda check di Command Prompt, tekan Logo Windows + R ketik ‘cmd’ ketikan perintah ‘javac’ kemudian enter. Maka akan keluar pesan seperti gambr dibawah ini.
Jika hasil yang keluar seperti gambar di atas tadi, berarti path JDK telah terinstall dalam System Windows anda. Selesai sudah Tutorial cara menginstall path JDK . Artikel ini juga dapat anda download disini atau melihat video tutorial nya langsung di bawah
Demikian Tips dan trik yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours