Cara Mengatasi Bau Badan

Mandi secara teratur
Bau badan dapat terjadi apabila kita jarang mandi. Akibatnya bakteri dalam tubuh menumpuk. Maka dari itu jika Anda ingin terbebas dari bau badan, alangkah baiknya Anda mandi secara teratur minimal 2 kali sehari.


Daun beluntas

Daun beluntas adalah tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu agak lembut. Tumbuhan yang satu ini tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila daun tersebut tidak dipangkas, sehingga daun beluntas seringkali ditanam sebagai pagar pekarangan rumah. Daun beluntas juga bermanfaat untuk mengatasi bau badan. Caranya, masak terlebih dahulu daun beluntas kemudian makan sebagai lalapan.

Konsumsi rempah-rempah
Menurut Every Green Herb, mengonsumsi rempah-rempah yang berbau harum juga bisa mengurangi bau tak sedap di tubuh, lho. Cobalah rajin mengonsumsi rempah daun seperti kemangi, seledri, daun ketumbar, rosemary, dan thyme. Daun beluntas, kenikir, cengkeh, jahe, kunyit, kayu manis, pala, dan mint juga bisa menjadikan bau badan lebih sedap.

Pakain yang tepat
Gunakanlah pakaian yang dapat membuat tubuh menjadi nyaman yang berbahan kain katun. Hal ini untuk membuat keringat menguap secara alami. Hindarilah pakaian yang terlalu ketat dan sempit yang berbahan fiber sintetis atau polyester, khususnya di daerah ketiak Anda.

Jeruk nipis
Siapkan 3 buah jeruk nipis lalu potong melintang. Kemudian taburi permukaan irisan jeruk nipis tersebut dengan kapur sirih secukupnya. Setelah tercampur lalu oleskan pada ketiak Anda selama 15 – 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap sehabis mandi pagi maupun sore.

Klorofil
Menurut Self Growth, klorofil adalah deodoran alami yang bekerja dari dalam tubuh. Klorofil akan membersihkan tubuh dari dalam dan menyingkirkan bau tak sedap secara alami. Anda bisa mendapatkan manfaat klorofil dengan mengonsumsi cairan klorofil dalam kemasan atau dengan memperbanyak makan sayuran hijau dalam keadaan segar.

Baking soda
Baking soda atau soda kue bisa difungsikan sebagai deodoran alami yang dapat mencegah timbulnya bau tak sedap di ketiak. Caranya campurkan soda kue dengan beberapa tetes air jeruk lemon dan oleskan di ketiak. Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel atau tea tree oil sebagai pengganti baking soda. Baking soda, lemon dan cuka apel memiliki sifat asam, dan itu berarti ketiganya memiliki pH di bawah 7, mirip dengan pH alami tubuh manusia. Bahan-bahan yang bersifat asam berfungsi menangkal bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan bau tubuh tadi.

Cukur ketiak
Rajin mencukur rambut di ketiak juga bisa mengurangi bau tak sedap. Sebab rambut yang tumbuh di area ketiak dan genital bisa membuat keringan dan bakteri terjebak di ketiak.


Probiotik
Bau tubuh yang tidak sedap bisa saja disebabkan karena gangguan dalam pencernaan. Untuk itu Anda bisa memperbanyak konsumsi serat. Yogurt yang mengandung bakteri probiotik juga bisa dicoba. Meskipun produk olahan susu sebaiknya memang dikurangi karena dapat merangsang bau tak sedap, tetapi produk susu yang satu ini justru sangat bermanfaat.

Jahe
Jahe sering dijadikan sebagai bahan minuman hangat yang cocok pada saat kedinginan. Namun jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi bau badan. Ada 2 cara menggunakannya, yang pertama dengan meminum minuman jahe secara teratur. Cara yang kedua, Anda dapat mengosok-gosokan parutan jahe pada bagian ketiak agar terhindar dari bau badan.


Cengkih
Cengkih merupakan bagaian dari rempah-rempah yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, ambil beberapa kuntum cengkih kemudian rendam dengan air hingga cengkih mengembang. Kemudian air cengkih tersebut di minum. Jika terasa kurang enak, Anda dapat menambahkan gula. Cengkih ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak hanya dengan mengoleskan air rendaman cengkih tersebut pada ketiak Anda.

Mentimun
Mentimun selain enak untuk makanan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, potong mentimun secara melintang kemudian oleskan pada ketiak sehabis mandi.

Jeruk nipis

Siapkan 3 buah jeruk nipis lalu potong melintang. Kemudian taburi permukaan irisan jeruk nipis tersebut dengan kapur sirih secukupnya. Setelah tercampur lalu oleskan pada ketiak Anda selama 15 - 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini setiap sehabis mandi pagi maupun sore.

Air putih
Kekurangan cairan juga bisa membuat bau badan jadi tak sedap. Jadi perbanyak konsumsi air mineral. Selain berfungsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, air mineral juga akan membantu proses detoksifikasi.

Daun kemangi
Daun kemangi ini banyak digunakan pedagang pecel sebagi lalapan. Daun kemangi dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan usahakanlah untuk mengkonsumsumsinya setiap hari.

Mentimun
Mentimun selain enak untuk makanan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, potong mentimun secara melintang kemudian oleskan pada ketiak sehabis mandi.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours