A. Pengertian PBO
Pemrograman
Berorientasi Objek (PBO) atau Object Oriented Programming (OOP) merupakan cara
berpikir baru terhadap pemrograman, dimana program terdiri atas objek-objek
yang mempunyai metode dan properti. Sebagai contoh anggap kita memiliki sebuah
departemen yang memiliki manager, sekretaris, petugas administrasi data dan
lainnya. Misal manager tersebut ingin memperoleh data dari bag administrasi
maka manager tersebut tidak harus mengambilnya langsung tetapi dapat menyuruh
petugas bag administrasi untuk mengambilnya. Pada kasus tersebut seorang
manager tidak harus mengetahui bagaimana cara mengambil data tersebut tetapi
manager bisa mendapatkan data tersebut melalui objek petugas administrasi.
I. Kelas
(Class)
Kelas merupakan cetakan
suatu objek(object), sehingga memiliki kesamaan sifat dan karakteristik yang
sama. Class di dalam pemrograman VB 2008 atau diatas versi tersebut
didefinisikan dengan bentuk umum sebagai berikut.
Class
NamaKelas
Statement
End
Class
Dalam kelas anda dapat
mendefinisikan variabel (data), Metode, Prosedur, atau fungsi. Anggota Class
terdiri dari atribut dan method. Tiap anggota class memiliki kontrol
pengaksesan tersendiri, artinya apakah anggota tersebut dapat diakses dengan
bebas (tipe public) atau hanya dapat diakses melalui sebuah interface.
II. Objek
(Object)
Objek merupakan suatu
bentuk yang memiliki perilaku dan karekteristik tertentu, dapat berupa benda,
rumus, atau konsep. contoh objek dalam dunia nyata adalah rumah, sepeda, motor,
manusia, hewan dll. Identitas dari suatu objek adalah informasi tentang
dirinnya sebagai contoh adalah objek Hewan memiliki identitas berupa nama,
jenis, tangan, kaki, mata dll, tingkah laku dari objek hewan adalah berjalan,
berlari, tidur dll. Dalam pemrograman identitas dapat dikatakan sebagai properties,
sebagai contoh membuat program multimedia berupa share video, objeknya berupa
video yang mempunyai identitas berupa nama video, size video, format file dan
jenis video. Untuk tingkah laku disebut sebagai methode. Cara menginstansi
(membuat objek dari class) menggunakan kata kunci new. Umumnya sebagai
berikut.
Dim ObjectName As ClassName
ObjectName = new ClassName(arg1, arg2,...)
Adapun ciri-ciri object
adalah sebagai berikut :
• Obyek memiliki status (state) dan tingkah laku
(behavior).
• Status (state) disebut juga dengan atribut.
• Contoh obyek : obyek mobil
–
Atribut : merek, warna, bahan bakar.
–
Method : pindah persnelling, kecepatan bertambah, dll.
• Pada OOP : status disimpan dalam variabel, dan tingkah laku disimpan dalam
method.
III. Metode(Method)
Method
adalah merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan
oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil
melalui object.
Contoh
: pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.
Metode menentukan
perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai
operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Metode memiliki 4
(empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.
Tiga bagian pertama
mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri. Dengan kata lain,
nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita dapat memiliki
metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe kembalian
atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi
penting. Ini disebut overloading metode.
IV. Property
Property merupakan prosedur pada kelas yang dipakai
untuk mengolah data variabel. Property sering digunakan untuk mengakses data
yang bersifat private. Di dalam perintah Property digunakan perintah get untuk mendapatkan nilai variabel.
Bentuk umum mendefinisikan Property sebagai berikut.
Public Property
PropertyName () As DataType
Get
Return VariabelName
End Get
Set(By Val Value As
DataType)
VariabelName = value
End Set
End PropertY
V. Properties
Properties merupakan ciri atau karakteristik yang
dimiliki oleh objek, sehingga dapat dibedakan dengan objek yang lain.
VI. Konstruksi
(Construktor)
Konstruksi merupakan metode yang pertama kali
dijalankan (dieksekusi) dalam kelas.
VII. De
Konstruksi (DeConstructor)
De-Konstruksi merupakan metode yang dijalankan
(dieksekusi) ketika class dikahiri/ditutup.
VIII.
Access
Modifier
Acces Modifier untuk menentukan naman
pengenal/identifier (variabel, konstanta, prosedur, funsgi, properti, class)
dapat diakses. Ada lima buah kata kunci untuk menentukan access modifier yaitu
a. Public
> Pengaksesan dapat dilakukan di manapun
b. Protected
> Pengaksesan hanya dapat dilakukan pada class yang sama atau turunannya.
c. Friend
> Pengaksesan hanya dapat dilakukan dalam program yang sama.
d. Protected
Friend > merupaka gabungan antara protected dan friend. Pengaksesan hanya
dapat dilakukan oleh class atau keturunannya yang masih dalam satu program.
XI. Overriding
Overriding merupakan suatu teknik untuk
mendefinisikan ulang metode yang diturunkan dari kelas dasar (base class/kelas
induk). Artinya ada metode dalam kelas turunan dan kelas induk mempunyai nama
sama, namun fungsi berbeda.
Contoh :
Module
Module1
Class pegawai
Protected friend NIP As
String
Protected friend nama As string
Overridable Sub
Tampilkan()
Console.WriteLine(“NIP
: “ &NIP)
Console.WriteLine(“Nama:
“ &Nama)
End Sub
End Class
XII. Overloading
Overloading merupakan suatu teknik untuk membuat
beberapa metode (fungsi atau prosedur) dengan nama yang sama, tetapi meiliki
signature berbeda. Artinya, terdapat perbedaan jumlah argumen atau jenis data
argumen.
B. Karakteristik
PBO
Untuk mengetahui apakah program yang dibuat oleh
pengembang (programmer) tergolong program berorientasi objek atau tidak. Dengan
melihat karakteristik PBO, apakah ada salah satu dari tiga karakteristik
program dikatakan PBO. Karakteristik PBO adalah sebagai berikut.
I. Pewarisan
(Inheritance)
Pewarisan merupakan suatu teknik membuat class atau
objek (kelas turunan/ derived class) dengan mewariskan kelas, sehingga memiliki
sifat dan karakteristik yang sama dengan kelas induknya (kelas dasar/base
class) Bentuk umum pewarisan sebagai berikut
Public Class DerivedClass
Inherits BaseClass
End Class
II. Pengapsulan
(Encapsulation)
Enkapsulation seringkali dianggap sebagai
“penyembunyian informasi”, dapat diartikan juga pengemasan data dan fungsi
dalam wadah bernama objek. Konsep public dan private akan senantiasa dipakai
dalam pengkapsulan. Enkapsulation memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat
mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak, hanya
metode dalam objek tersebut yang diberi ijin untuk mengakses keadaannya.
III. Polymorphisme
Polimorfisme merupakan suatu konsep yang menyatakan sesuatu yang sama
dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda. Istilah ini sendiri
berasal dari Bahasa Yunani, yang berarti “mempunyai banyak bentuk”. Contohnya, bila sebuah
burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya
dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan
kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai
dengan kemampuan hewan tersebut.
Post A Comment:
0 comments so far,add yours