A. Pengertian PBO
Pemrograman Berorientasi Objek (PBO) atau Object Oriented Programming (OOP) merupakan cara berpikir baru terhadap pemrograman, dimana program terdiri atas objek-objek yang mempunyai metode dan properti. Sebagai contoh anggap kita memiliki sebuah departemen yang memiliki manager, sekretaris, petugas administrasi data dan lainnya. Misal manager tersebut ingin memperoleh data dari bag administrasi maka manager tersebut tidak harus mengambilnya langsung tetapi dapat menyuruh petugas bag administrasi untuk mengambilnya. Pada kasus tersebut seorang manager tidak harus mengetahui bagaimana cara mengambil data tersebut tetapi manager bisa mendapatkan data tersebut melalui objek petugas administrasi.

I.  Kelas (Class)

Kelas merupakan cetakan suatu objek(object), sehingga memiliki kesamaan sifat dan karakteristik yang sama. Class di dalam pemrograman VB 2008 atau diatas versi tersebut didefinisikan dengan bentuk umum sebagai berikut.

Class NamaKelas
            Statement
End Class

Dalam kelas anda dapat mendefinisikan variabel (data), Metode, Prosedur, atau fungsi. Anggota Class terdiri dari atribut dan method. Tiap anggota class memiliki kontrol pengaksesan tersendiri, artinya apakah anggota tersebut dapat diakses dengan bebas (tipe public) atau hanya dapat diakses melalui sebuah interface.

II. Objek (Object)
Objek merupakan suatu bentuk yang memiliki perilaku dan karekteristik tertentu, dapat berupa benda, rumus, atau konsep. contoh objek dalam dunia nyata adalah rumah, sepeda, motor, manusia, hewan dll. Identitas dari suatu objek adalah informasi tentang dirinnya sebagai contoh adalah objek Hewan memiliki identitas berupa nama, jenis, tangan, kaki, mata dll, tingkah laku dari objek hewan adalah berjalan, berlari, tidur dll. Dalam pemrograman identitas dapat dikatakan sebagai properties, sebagai contoh membuat program multimedia berupa share video, objeknya berupa video yang mempunyai identitas berupa nama video, size video, format file dan jenis video. Untuk tingkah laku disebut sebagai methode. Cara menginstansi (membuat objek dari class) menggunakan kata kunci new. Umumnya sebagai berikut.
Dim ObjectName As ClassName
ObjectName =  new ClassName(arg1, arg2,...)
Adapun ciri-ciri object adalah sebagai berikut :
• Obyek memiliki status (state) dan tingkah laku (behavior).

• Status (state) disebut juga dengan atribut.
• Contoh obyek : obyek mobil
            – Atribut : merek, warna, bahan bakar.
            – Method : pindah persnelling, kecepatan bertambah, dll.
• Pada OOP : status disimpan dalam variabel, dan tingkah laku disimpan dalam method.


III. Metode(Method)
Method adalah merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh :  pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya. Metode  memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode

2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.

Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri. Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi penting. Ini disebut overloading metode. 

IV. Property
Property merupakan prosedur pada kelas yang dipakai untuk mengolah data variabel. Property sering digunakan untuk mengakses data yang bersifat private. Di dalam perintah Property digunakan perintah get untuk mendapatkan nilai variabel. Bentuk umum mendefinisikan Property sebagai berikut.

Public Property PropertyName () As DataType
            Get
                        Return VariabelName
End Get
Set(By Val Value As DataType)
            VariabelName = value
End Set
End PropertY

V. Properties

Properties merupakan ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh objek, sehingga dapat dibedakan dengan objek yang lain.

VI. Konstruksi (Construktor)

Konstruksi merupakan metode yang pertama kali dijalankan (dieksekusi) dalam kelas.

VII. De Konstruksi (DeConstructor)

De-Konstruksi merupakan metode yang dijalankan (dieksekusi) ketika class dikahiri/ditutup.


VIII.       Access Modifier

Acces Modifier untuk menentukan naman pengenal/identifier (variabel, konstanta, prosedur, funsgi, properti, class) dapat diakses. Ada lima buah kata kunci untuk menentukan access modifier yaitu
a.       Public > Pengaksesan dapat dilakukan di manapun
b.      Protected > Pengaksesan hanya dapat dilakukan pada class yang sama atau turunannya.
c.       Friend > Pengaksesan hanya dapat dilakukan dalam program yang sama.
d.      Protected Friend > merupaka gabungan antara protected dan friend. Pengaksesan hanya dapat dilakukan oleh class atau keturunannya yang masih dalam satu program.

XI. Overriding

Overriding merupakan suatu teknik untuk mendefinisikan ulang metode yang diturunkan dari kelas dasar (base class/kelas induk). Artinya ada metode dalam kelas turunan dan kelas induk mempunyai nama sama, namun fungsi berbeda.
Contoh :
Module Module1
            Class pegawai
                        Protected friend NIP As String
                        Protected friend nama As string
                        Overridable Sub Tampilkan()
                                    Console.WriteLine(“NIP : “ &NIP)
                                    Console.WriteLine(“Nama: “ &Nama)
                        End Sub
            End Class

 XII. Overloading

Overloading merupakan suatu teknik untuk membuat beberapa metode (fungsi atau prosedur) dengan nama yang sama, tetapi meiliki signature berbeda. Artinya, terdapat perbedaan jumlah argumen atau jenis data argumen.


B. Karakteristik PBO
Untuk mengetahui apakah program yang dibuat oleh pengembang (programmer) tergolong program berorientasi objek atau tidak. Dengan melihat karakteristik PBO, apakah ada salah satu dari tiga karakteristik program dikatakan PBO. Karakteristik PBO adalah sebagai berikut.

I. Pewarisan (Inheritance)
Pewarisan merupakan suatu teknik membuat class atau objek (kelas turunan/ derived class) dengan mewariskan kelas, sehingga memiliki sifat dan karakteristik yang sama dengan kelas induknya (kelas dasar/base class) Bentuk umum pewarisan sebagai berikut
            Public Class DerivedClass
                        Inherits BaseClass
            End Class

II. Pengapsulan (Encapsulation)
Enkapsulation seringkali dianggap sebagai “penyembunyian informasi”, dapat diartikan juga pengemasan data dan fungsi dalam wadah bernama objek. Konsep public dan private akan senantiasa dipakai dalam pengkapsulan. Enkapsulation memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak, hanya metode dalam objek tersebut yang diberi ijin untuk mengakses keadaannya.

III. Polymorphisme
Polimorfisme merupakan suatu konsep yang menyatakan sesuatu yang sama dapat memiliki berbagai bentuk dan perilaku yang berbeda. Istilah ini sendiri berasal dari Bahasa Yunani, yang berarti “mempunyai banyak bentuk”Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut.


Share To:

EDISON MEDIA

Post A Comment:

0 comments so far,add yours