Cara Memblokir Situs Website dengan SQUID, Squid adalah sebuah daemon yang digunakan sebagai proxy server dan web cache. Squid memiliki banyak jenis penggunaan, mulai dari mempercepat server web dengan melakukan caching permintaan yang berulang-ulang, caching DNS, caching situs web, dan caching pencarian komputer di dalam jaringan untuk sekelompok komputer yang menggunakan sumber daya jaringan yang sama, hingga pada membantu keamanan dengan cara melakukan penyaringan (filter) lalu lintas. Meskipun seringnya digunakan untuk protokol HTTP dan FTP, Squid juga menawarkan dukungan terbatas untuk beberapa protokol lainnya termasuk Transport Layer Security (TLS), Secure Socket Layer (SSL), Internet Gopher, dan HTTPS. Versi Squid 3.1 mencakup dukungan protokol IPv6 danInternet Content Adaptation Protocol (ICAP).

Kali ini saya akan membahas tentang Cara Memblokir Situs Website dengan SQUID. sebelumnya apakah anda tahu apa itu Squid ? Squid adalah sebuah daemon yang digunakan sebagai proxy server dan web cache. Squid memiliki banyak jenis penggunaan, mulai dari mempercepat server web dengan melakukan caching permintaan yang berulang-ulang, caching DNS, caching situs web, dan caching pencarian komputer di dalam jaringan untuk sekelompok komputer yang menggunakan sumber daya jaringan yang sama, hingga pada membantu keamanan dengan cara melakukan penyaringan (filter) lalu lintas. Meskipun seringnya digunakan untuk protokol HTTP dan FTP, Squid juga menawarkan dukungan terbatas untuk beberapa protokol lainnya termasuk Transport Layer Security (TLS), Secure Socket Layer (SSL), Internet Gopher, dan HTTPS. Versi Squid 3.1 mencakup dukungan protokol IPv6 danInternet Content Adaptation Protocol (ICAP).

TOPOLOGI

gambar topologi

topologi yang zufar gunakan sama dengan topologi sebelumnya. kita berasumsi bahwa proxy server telah terinstall dengan baik. untuk menginstall proxy server.

sekarang kita akan melakukan percobaan dengan memblokir website merdeka.com dan kompas.com

STEP BY STEP

langkah pertama yang dilakukan adalah membuka konfigurasi squid3 yang berlokasi di /etc/squid3
nano /etc/squid3/squid.conf
setelah itu search kata " acl connect " , lalu tulis perintah ini dibawah perintah acl connect
acl local src 1.1.1.0/24
acl situs dstdomain "/etc/squid3/url"
acl keyword url_regex -i "/etc/squid3/keyword"
http_access deny situs
http_access deny keyword
http_access allow local 
  • acl local src, isilah dengan network address jaringan lokal anda, bisa dilihat topologi saya menggunakan jaringan 1.1.1.0/24
  • acl situs dstdomain, diisi dengan lokasi file yang berisi alamat website yang ingin diblokir
  • acl keyword url_regex -i, diisi dengan lokasi file yang berisi keyword dari alamat suatu website tersebut.
  • http_access deny situs, berfungsi untuk memblokir semua request yang berasal dari database url
  • http_access deny keyword, berfungsi untuk memblokir semua request yang berasal dari database keyword
gambar setting squid

setelah itu buat file url dan file keyword. 
pada file url, masukan url dari website yang ingin anda blokir, 
sedangkan pada url keyword, masukan keyword dari url yang ingin anda blokir.
nano /etc/squid3/url
gambar website block

nano /etc/squid3/keyword
gambar blok keyword

anda dapat menambah sendiri daftar url ataupun keyword yang akan di blok. ini hanya contoh saja. saya memblok merdeka dan kompas. setelah itu lakukan restart pada service squid3

service squid3 restart
lalu buka client anda, lakukan pengecekan pada website kompas.com ataupun merdeka.com



dan sekarang website kompas.com dan merdeka.com sudah berhasil terblock. silahkan gunakan cara untuk memblokir website dengan squid ini untuk hal yang positif.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours