Cara Mengatasi File Korup di windows - kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi file Korup di windows. File korup di windows disebabkan oleh Gangguan virus atau perangkat lunak yang di insta tidak sempurna. 

Sebelum kita memulai Memperbaiki File Korup tentunya kita harus ketahui lebih dahulu ciri-ciri yang muncul jika laptop mengalami file korup. Dibawah ini tanda-tandanya;
Cara Mengatasi File Korup di windowsLaptop start up seperti biasa tapi ketika masuk loading Windows layar jadi hitam dengan pesan; “UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME”, “hal.dll is missing or corrupted” or “windowssystem32configsystem” (or similar) is missing or corrupted. Pesan-pesan kesalahan menunjukkan filesystem rusak atau hard disk yang rusak. Nah setelah memahami hal ini barulah kita akan mulai Memperbaiki File Korup.

Nah untuk mengatasi pesan seperti itu anda bisa melakukan cara di bawah ini :


  1. Cara termudah untuk mendiagnosa dan mungkin Memperbaiki File Korup adalah memulai komputer dari CD bootable, kemudian melakukan scan hard disk untuk memastikan letak masalahnya dimana. Jika scan selesai dengan sukses, dapat dilanjutkan dengan scan registri komputer dengan antivirus.
  2. Cara terbaik untuk Memperbaiki File Korup adalah pertama dengan membuat sebuah CDUBCD4WIN di laptop atau komputer lain dan start laptop Anda dari CD itu. Untuk membuat UBCD4WIN Anda akan membutuhkan komputer bekerja dengan internet kecepatan tinggi dan pembakar CD, dan disk instalasi Windows XP SP2 standar. Hal ini dimungkinkan untuk Memperbaiki File Korup menggunakan disk instalasi XP tanpa paket layanan atau dengan SP1, tetapi harus slipstreamed ke SP2 sebelum membuat UBCD4WIN (lihat http://www.ubcd4win.com/ untuk rincian).
  3. Setelah itu start laptop Anda dari UBCD4WIN, masuk ke “Start” -> Command Prompt dan ketik chkdsk / r / fc: (di jendela hitam yang terbuka). Ini adalah perintah Windows asli untuk scan dan memperbaiki “C” drive dalam rangka Memperbaiki File Korup. Tergantung pada ukuran “C” drive dan jumlah file yang Anda miliki, ini dapat berlangsung dari sekitar 30 menit atau lebih dari 2 jam dan jika ada kesalahan pada HD bahkan akan lebih lama untuk sampai pada Memperbaiki File Korup.
    Jika chkdsk menunjukkan banyak kesalahan, maka Anda akan harus mengganti hard disk yang artinya anda tidak dapat 
    Memperbaiki File Korup. Anda masih harus membiarkan finish chkdsk memperbaiki disk, sehingga Anda dapat akhirnya menyalin file Anda ke disk baru di kemudian hari.
  4. Jika hard disk sangat rusak, chkdsk tidak akan berjalan sama sekali atau tidak mampu menyelesaikan scan itu. Ini berarti pengerjaan manual berhenti bekerja dan anda tidak dapat Memperbaiki File Korup. Dalam hal ini kemungkinan Anda bisa menyalin file ke HD baru sangat tipis. Jika file Anda yang sangat berharga, Anda dapat mempertimbangkan mengirimkan HD ke layanan pemulihan data, mungkin mereka bisa Memperbaiki File Korup atau sekedar menyelamatkan data tetapi dengan biaya sangat mahal.
  5. Jika chkdsk mampu menyelesaikan pemindaian HD menunjukkan banyak kesalahan, matikan laptop, pasang kembali hard disk dan instal ulang Windows, artinya Memperbaiki File Koruptidak bisa dilakukan.
  6. Jika chkdsk selesai tanpa kesalahan, atau hanya 2-3 kesalahan, Anda dapat mengasumsikan bahwa hard disk bekerja dengan baik. File korupsi mungkin disebabkan oleh laptop hang, restart dengan sendirinya, shutdown yang tidak benar, virus atau kadang-kadang oleh RAM buruk. Dalam hal ini Memperbaiki File Korup masih memungkinkan. Jika Anda menduga bahwa mungkin ada virus di komputer Anda, gunakan salah satu atau dua dari program antivirus yang dibundel dengan UBDC4WIN.
  7. Jika pesan kesalahan yang mencegah laptop anda start “UNMOUNTABLE_BOOT_VOLUME” atau “hal.dll is missing or corrupted”, berarti Memperbaiki File Korup tidak dapat berjalan dan Anda dapat mencoba me-restart komputer seperti biasa (bukan dari CD). Jika masih tidak start baik dalam mode normal dan safe mode akan harus menginstal ulang Windows, tapi pertama-tama backup file Anda.
  8. Jika pesan kesalahan yang mencegah laptop start dari awal adalah “windows system32 config system is missing or corrupted “, Memperbaiki File Korup bisa dilanjutkan. Sekarang Anda harus mengembalikan file registry dengan manual. Untuk melakukan itu (masih dari UBDC4WIN) arahkan ke “C: -> Windows -> System32 -> config” dan ubah nama software menjadi software.1 dan system menjadi system.1. Buka jendela lain dan arahkan ke “C: -> System Volume Information -> _restore {beberapa-angka dan huruf}”. Di sana Anda akan melihat beberapa folder bernama “PR” + beberapa nomor. Urutkan menurut tanggal (klik kanan pada ruang kosong dan pilih “Arrange Icons By -> Modified”) dan buka salah satu yang sekitar seminggu umurnya. Di dalamnya Anda akan melihat salah satu folder dan file. Buka folder.
  9. Sekarang Memperbaiki File Korup dilanjutkan dengan menyalin file bernama _REGISTRY_MACHINE_SYSTEM dan _REGISTRY_MACHINE_SOFTWARE ke folder lain yang terbuka (windows system32 config). Kemudian ubah nama mereka hanya SYSTEM dan SOFTWARE (tanpa ekstensi).
  10. Restart laptop dan moga-moga Memperbaiki File Korup berhasil.

Demikian tips dan trik yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours