Cara Mengatasi Laptop Ketika dicabut charger mati - Kali ini saya akan membagikan masalah tentang laptop yang di cabut chargernya langsung mati. dan biasanya masalahnya seperti berikut ini :
Indikasi Masalah :
1. Bisa hidup normal dengan menggunakan charger.
2. Tidak bisa dihidupkan tanpa charger
3. Saat masuk windows indikator charging normal namun tetap dalam level 0% atau level tetap tanpa naik.
4. Battery normal, bisa di test di laptop lain.
Masalah ini disebabkan oleh IC charger yang tidak normal untuk memastikannya kita perlu ikuti langkah-langkah berikut : 1. Bongkar Laptop anda lepas dan ambil mainboardnya

Cara Mengatasi Laptop Ketika dicabut charger mati

2. Ambil tombol power ( power button ) untuk memudahkan pengetes-an, kemudian pasang charger, hati-hati agar menaruh mainboard pada tempat yang aman untuk menghindari konslet yang mengakibatkan kerusakan yang lebih buruk.
3. Setelah Charger dipasang, laptop jangan dinyalakan, dan ukur tegangan pada titik positif soket battery ( + ), pada out ic power charger (V.bat), dan pada kaki nomor 17 pada ic charger serta kaki nomor 2. Masing-masing titik tersebut pada kondisi normal harus menunjuk angka kira-kira 19 V.

Cara Mengatasi Laptop Ketika dicabut charger mati



Cara Mengatasi Laptop Ketika dicabut charger mati


Pada gambar diatas ditunjukkan IC charger dengan seri 21740 ( Asus A43E ).
4. Kesimpulannya adalah jika pada titik-titik tersebut tidak ada tegangan, namun pada kaki nomor 2 IC charger ada tegangan kurang lebih 19V, maka IC charger minta ganti, silahkan beli yang baru atau ambil dari laptop lain sebagai penggantinya.
Demikian tips dan trik yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua.


Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours