Macam-macam kerusakan pada laptop dan cara memperbaikinya
Macam-macam kerusakan pada laptop dan cara memperbaikinya - Laptop sangatlah mudah rusak, nah untuk mengatasi kerusakan tersebut anda harus benar-benar tau penyebab kerusakan itu apa ? kerusakan laptop di bagi menjadi 2 yaitu secara Software maupun hardware nah untuk mengatasi kerusakan software anda bisa menginstal windows nya dan untuk cara hardware ini yang sulit anda harus tau Hardware apa yang menyebabkan kerusakan laptop tersebut, nah di bawah ini ada beberapa kerusakan dan cara mengatasinya :
Kerusakan battery Laptop.
Salah satu cirinya adalah baterai laptop panas sekali ketika digunakan. Kumpulan Kerusakan Laptop ini kemungkinan penyebabnya: kerusakan baterai. Langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan: Jika baterai laptop sangat panas saat pengisian berlangsung, kemungkinan besar ini adalah kerusakan baterai. Lepaskan baterai dan laptop hanya gunakan adaptor sampai baterai diganti. Hal ini akan mencegah kerusakan laptop.
Kerusakan Memori Laptop
Kumpulan Kerusakan Laptop yang muncul disini adalah muncul layar biru. Ini bisa terjadi juga ketika anda mengupgrade memori. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Memori tidak terpasang dengan benar.
  2. modul memori jelek.
  3. memori slot pada motherboard kotor.
Langkah pemecahan masalah Kumpulan Kerusakan Laptop ini dan solusi perbaikan: Saya berasumsi bahwa anda menggunakan jenis ukuran memori yang tepat untuk laptop anda.
  1. mungkin modul memori belum terpasang dengan benar. Coba lepas dan pasang kembali memori tersebut.
  2. bersihkan slot memori dengan kuas.
  3. Jika anda menginstal modul memori yang baru bukan yang lama, dan layar monitor tetap berwarna biru coba ganti dengan memori yang lama. Jika laptop berfungsi dengan baik dengan modul memori yang lama, bukan dengan yang baru, mungkin modul memori baru anda rusak. Anda dapat menguji memori dengan Memtest86 utilitas ( cai digoogle).
  4. Pindahkan memori pada slot yang lain. Jika laptop bekerja dengan baik ketika diinstal ke dalam slot kedua, slot memori pertama berarti kotor atau rusak. Dalam hal ini anda harus mengganti motherboard atau menggunakan laptop dengan hanya satu modul memori yang terpasang ke dalam slot yang baik.
Kerusakan AC Power Adapter
Kumpulan Kersuakan Laptop berikutnya adalah lampu power berkedip tak menentu dan lampu baterai charge berkedip lalu mati ketika jack adaptor dicolokan pada laptop. Kerusakan : pada jack adaptor atau pada adaptor. Kemungkinan langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikannya adalah: Stop kontak kemungkinan terlalu renggang sehingga steker adaptor tidak terjepit atau kemungkinan stop kontak mengalami kerusakan. Adaptor laptop rusak atau tidak mengeluarkan arus, periksa output arus pada jack adaptor dengan multimeter pada posisi skala dc volt.
Kerusakan Hard drive Laptop
Kumpulan Kerusakan Laptop berikutnya adalah kerusakan hard disk. Tanda yang muncul adalah setelah mengupgrade harddisk, tidak terdeteksi oleh BIOS laptop. Kemungkinan penyebabnya:
  1. Harddisk tidak terhubung dengan benar.
  2. Harddisk tidak sinkron dengan laptop
  3. Harddisk terdapat bad sector.
Langkah pemecahan masalah Kumpulan Kerusakan Laptop ini dan solusi perbaikan:
  1. Pastikan harddisk terhubung dengan benar ke motherboard. Coba hubungkan kembali harddisk.
    Cari tahu apakah harddisk muncul di BIOS setelah menghubungkan kembali.
  2. Masukkan menu BIOS setup pengaturan beban default. lakukan safe mode dan restart laptop, ada kemungkinan harddisk baru anda akan terdeteksi setelah itu.
  3. Jika Anda memasang harddisk yang berukuran lebih besar, pastikan itu didukung atau sinkon dengan laptop. Beberapa laptop tua tidak akan mendukung harddisk berukuran besar. Dalam beberapa kasus, harddisk yang lebih besar akan didukung setelah anda meng-upgrade laptop BIOS ke versi terbaru. Upgrade BIOS jika diperlukan.
  4. Cobalah pasang kembali harddisk lama anda, jika harddisk lama terdeteksi tapi yang baru tidak, ada kemungkinan bahwa harddisk baru anda rusak.
Kerusakan Keyboard Laptop
Kumpulan Kerusakan Laptop adalah keyboard laptop terdeteksi pada bios tapi di windows tidak terdeteksi. Anda dapat memasukkan menu BIOS setup dan menavigasi melalui menu menggunakan tombol keyboard. Tapi setelah Windows berjalan, keyboard berhenti merespons. Kemungkinan besar ini adalah masalah perangkat atau software. Jika keyboard bekerja pada BIOS, berarti fungsi keyboard baik Cara terbaik dan lebih efisien untuk memperbaiki masalah ini adalah menginstal ulang sistem operasi dari awal. Back up semua data pribadi dan jalankan recovery disc atau CD install. Ada baiknya anda menginstal ulang sistem operasi untuk mengatasi Kumpulan Kerusakan Laptop ini yang akan membuat keyboard anda berfungsi kembali.
Kerusakan Backlight lamp
Kumpulan Kerusakan Laptop berikutnya adalah lampu latar atau backlight laptop berhenti bekerja tanpa alasan apapun. Layar itu bekerja dengan baik beberapa waktu lalu tapi sekarang sangat gelap. Gambar masih terlihat di layar tapi itu nyaris tak terlihat. Ketika laptop reboot, layar tetap sangat gelap.
Kemungkinan penyebabnya:
  1. Backlight inverter rusak
  2. Backlight lampu rusak.
Kemungkinan langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan:
  1. Kemungkinan besar hal ini berkaitan dengan kerusakan backlight inverter. Papan inverter dipasang di dalam panel tampilan laptop dan dalam kebanyakan model dipasang di bawah layar LCD. Ketika papan inverter rusak, layar laptop tampilannya benar-benar gelap dan gambar pada layar menjadi nyaris tak terlihat. Solusi yang baik untuk memperbaiki masalah backlight yaitu dengan mengganti papan inverter.
  2. Jika inverter baru tidak mengatasi masalah, tampaknya Anda memiliki lampu backlight yang salah di dalam layar LCD, solusinya adalah anda harus mengganti layar LCD.
Masalah Cooling system
Kumpulan Kerusakan Laptop adalah masalah coolong. Laptop mati ketika dipergunakan untuk bermain games. kemungkinan kerusakan adalah laptop overheat atau pendinginan pada processor tidak sempurna. Ketika anda menjalankan permainan, anda mendorong CPU untuk menghasilkan banyak panas. Jika modul pendingin laptop ( kipas dan heat sink ) tersumbat dengan debu, laptop akan panas dan kemudian shutdown. Pastikan modul pendinginan atau heatsink bersih dari debu dan kotoran. Bersihkan debu yang menempel pada fan atau heatsink menggunakan kuwas cat atau mesin kompresor. Berikan thermal paste baru pada prosesor jika diperlukan.
Laptop Mengeluarkan suara bising
Ada suara aneh didalam laptop anda. Kemungkinan penyebab Kumpulan Kerusakan Laptop ini:
  1. DVD drive rusak.
  2. Kipas pendingin heatsink rusak
  3. Harddisk rusak.
Langkah pemecahan masalah Kumpulan Kerusakan Laptop ini dan solusi perbaikan: Hanya ada tiga bagian di dalam laptop yang dapat membuat suara berisik.
  1. Jika kebisingan dimulai ketika Anda sedang memainkan CD atau DVD, kemungkinan besar itu terkait dengan kerusakan optical drive. Test optik drive dengan CD dan DVD yang lain Jika laptop masih mengeluarkan bunyi, ganti dvd drive anda.
  2. Lihatlah di dalam rumah kipas di bagian bawah. Jika kebisingan muncul ketika kipas pendingin processor mulai berputar, berarti kipas pendingin processor anda rusak.
  3. Bagian terakhir yang mampu menciptakan kebisingan adalah harddisk. Jika laptop freezes dan mengeluarkan suara kebisingan, mungkin anda memiliki harddisk yang rusak.
    Dalam hal ini back up semua data karena harddisk dapat rusak setiap saat. ingat, jangan menyimpan data penting di harddisk yang mengeluarkan kebisingan atau berisik.
Laptop sangat lambat
Laptop booting dan beroperasi dengan lambat. Ini Kumpulan Kerusakan Laptop berikutnya. Laptop membutuhkan waktu beberapa menit untuk boot ke desktop, padahal waktu anda membelinya Laptop sangat cepat untuk booting ke desktop. Kemungkinan penyebabnya:
  1. software sistem operasi bermasalah.
  2. memori yang terpasang tidak memadai
  3. Harddisk rusak.
Langkah pemecahan masalah Kumpulan Kerusakan Laptop ini dan solusi perbaikan: Ini bisa jadi karena masalah software sistem operasi. Ada kemungkinan juga bahwa anda memiliki terlalu banyak program loading di startup pada saat yang sama.
Jika laptop itu cepat sebelumnya dan sekarang sangat lambat, anda dapat mencoba menginstal ulang sistem operasi dari awal. Back up semua file pribadi dan menjalankan recovery disc. Reimage harddisk kembali ke setting default pabrik, kemungkinan besar reimaging laptop akan membuatnya lebih cepat. mungkin juga laptop Anda membutuhkan lebih banyak memori.
Lihatlah pada sistem properties dan cari tahu berapa banyak memori yang telah diinstal. Untuk Windows XP saya akan merekomendasikan setidaknya 1GB dan untuk Windows Vista paling tidak 3GB. Dengan memasang memori lebih akan mempercepat laptop anda. Jika anda memiliki cukup memori terpasang dan sudah menginstal ulang sistem kembali tetapi hasilnya tetap lambat berarti anda memiliki harddisk yang rusak.

Demikian tips dan trik yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua.
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours