eos-m-2
Kamera mirrorless alias Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC) atau Kamera Tanpa Cermin Dengan Lensa Yang Bisa Diganti-ganti alias Compact Camera System alias Electronics Viewfinder with Interchangeable Lens (EVIL) adalah salah satu kelas sistem kamera digital yang mulai menanjak popularitasnya sejak pertama kali dimunculkan di sekitar 2008. Jawaban singkat dari pertanyaan “Apa sih Kamera Mirrorless?” adalah kamera yang mirip DSLR namun tidak memakai cermin.
Kamera mirroless memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Ukuran relatif lebih kecil dan ringkas
  • Jauh lebih ringan
  • Kualitasnya hasil fotonya tidak jauh-jauh amat dari DSLR
  • Ukuran sensornya setara DSLR kelas menengah
  • Memiliki opsi mengganti lensa
  • Harganyapun tidak semahal kamera DSLR
Perbedaan prinsip kerja kamera DSLR dan kamera Mirrorless  :
kamera-mirrorless-dslr
Prinsip kerja DSLR adalah ketika lensa menangkap cahaya masuk kedalam tabung lensa, dipantulkan oleh cermin/mirror ke prisma dan ditangkap oleh viewfinder/jendela bidik. Saat tombol shutter (rana) pemotretan dilakukan cermin terangkat dan cahaya dilanjutkan sampai menggapai sensor.
Nah berbeda dengan Mirrorless Camera, kamera ini bekerja tanpa cermin pemantul/prisma, sehingga kamera bisa lebih kompak. Cahaya yang melalui lensa ditangkap oleh sensor dan langsung tampil di LCD. Jadi prinsip kerja Mirrorless Camera lebih pada sensor. Jadi pada dasarnya sistem kerja dari Mirrorless ini hampir sama dengan DSLR
Share To:

Post A Comment:

0 comments so far,add yours